Selatpanjang ! Ada apa dengan selatpanjang.?

Selatpanjang merupakan kota yang menjadi transit transportasi laut dari Pekanbaru menuju Pulau Batam atau Tanjung Balai Karimun dan sebaliknya. Sejak tahun 2007 telah dibuka jalur khusus dari Selatpanjang langsung menuju Batupahat, Malaysia. Dibanding dengan jarak antara Selatpanjang dengan Pekanbaru dan Pulau Batam, jarak antara Selatpanjang dengan Batupahat lebih dekat, waktu yang dibutuhkan hanya 1,5 - 2 jam perjalanan.

Imlek merupakan perayaan paling meriah dalam sepanjang tahun. Dimana pada hari ke 6 pertama imlek yang biasanya disebut Cue Lak (bahasa Hokkian), merupakan perayaan untuk ulang tahun Co She Kong (nama dewa). Pada hari perayaan ini banyak perantau yang telah berpuluh tahun merantau ke berbagai tempat akan kembali ke kelenteng tertua di pulau ini untuk melakukan sembahyang untuk memohon keberuntungan, kelancaran bisnis dan sebagainya.selain itu kota selatpanjang merupakan salah satu kota yang mempunyai kelenteng yg banyak jumlahnya.sekitar 20an. ini merupakan daya tarik wisata dari turis singapore ataupun malaysia.

Selain itu, Selatpanjang merupakan pulau penghasil sagu, kelapa sawit dan yang cukup besar.

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan dari Selatpanjang adalah sarang burung walet yang ramai diperjual belikan di Selatpanjang. Jika anda berkunjung ke Selatpanjang, maka anda begitu keluar dari kapal, akan langsung mendengar suara burung walet. Suara burung walet ini bisa didengar di seluruh penjuru kota Selatpanjang yang membuat semua orang yang berkunjung ke kota Selatpanjang bisa menikmati keadaan natur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar